5 Penyebab Pertumbuhan Gigi Pada Bayi Terhambat

Posted by Antoni Clianto Thursday, January 26, 2017 0 comments
Blogger Jakarta - Proses pertumbuhan gigi pada bayi memang menjadi prioritas bagi setiap orang tua, mereka biasa nya akan selalu melihat setiap tahapan pertumbuhan mereka, mulai dari pertumbuhan tinggi, berat badan hingga gigi. Ketika anak tidak sama seperti yang lain nya, ini akan membuat orang tua akan merasa khawatir, oleh karena itulah mengikuti setiap perkembangan dan pertumbuhan anak sangat diperlukan agar ketika terjadi sesuatu yang tidak biasa, kita bisa segera memberikan solusi nya.

5 Penyebab Pertumbuhan Gigi Pada Bayi Terhambat

Pada salah satu tahapan yang tidak kalah penting adalah tahap perkembangan gigi pada bayi, ada bayi yang tumbuh gigi dengan lebih cepat, ada yang normal dan ada juga yang terlambat. Hal seperti ini mungkin ada yang lumrah, tetapi jika kejadian nya mencurigakan, jangan segan untuk memeriksakan nya ke dokter.

Biasa nya anak yang sedang dalam proses pertumbuhan gigi akan mengalami beberapa gejala, seperti kurang nya minat untuk makan, suka menggigit barang yang ada di sekitar nya, suka marah dan rewel. Anda perlu mengetahui gejala seperti ini agar anda tidak bingung ketika hal seperti itu terjadi. Tetapi bagaimana jika bayi anda tidak tumbuh gigi meski sudah waktu nya? Jangan khawatir karena hal ini merupakan hal yang biasa, ada beberapa penyebab mengapa pertumbuhan gigi pada bayi terhambat, simak ulasan nya berikut ini:

1. Genetik

Faktor pertama yang dapat mengganggu pertumbuhan gigi bayi adalah karena faktor genetik atau keturunan. Jika dilihat dari turun temurun memang susah untuk tumbuh gigi, maka bisa dipastikan hal tersebut memang karena keturunan. Jadi anda tidak perlu khawatir, anda hanya perlu menunggu gigi nya tumbuh dengan sabar dan membiarkan nya berjalan secara alami.

2. Kurang Gizi

Faktor yang kedua adalah kurang nya gizi pada bayi. Biasa nya hal ini terjadi pada bayi yang sedang membutuhkan lebih banyak nutrisi. Ketika anda mengganti ASI nya dengan makanan padat lain nya, ia akan kekurangan nutrisi sehingga anda perlu memberikan nya nutrisi tambahan. Jika tidak, maka proses tumbuhnya gigi pada bayi akan terganggu. Oleh karena itulah sebaiknya anda terus memberikan ASI pada anak anda.

3. Hipotirodisme

Hipotirodisme adalah dimana kelenjar tiroid menjadi kurang aktif sehingga kondisi ini akan membuat pertumbuhan gigi si kecil mengalami keterlambatan. Hal ini juga biasa nya akan membuat bayi anda lambat berjalan, lambat bicara dan menjadi obesitas. Oleh karena itulah dalam beberapa kasus, hal ini harus di tangani secara medis.

4. Kekurangan Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk mengelola kalsium yang diperlukan untuk membangun tulang serta gigi yang kuat. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan bayi tidak kunjung memiliki gigi. Sumber utama dari vitamin D adalah sinar matahari, oleh karena itulah bayi disarankan untuk mendapatkan sinar matahari pagi. Bukan hanya itu saja, bayi yang lahir secara premature biasa nya juga akan kekurangan vitamin D, jadi perhatikan dengan baik.

5. Bantuan Medis

Jika pertumbuhan gigi pada si kecil tidak menunjukkan hal yang bagus pada usia nya 13 bulan, sebaiknya anda harus membawa bayi anda ke dokter untuk menanyakan perihal gigi ini. Jika bayi anda merupakan bayi yang sehat, biasa nya dokter akan meminta anda untuk bersabar, tetapi memeriksakan nya segera tidak ada salah nya agar anda tidak khawatir atau cemas karena gigi nya tidak kunjung tumbuh.

Itulah beberapa penyebab pertumbuhan gigi pada bayi terganggu, oleh karena itulah silahkan anda bersabar hingga umur 13 bulan, baru anda harus memeriksakan nya jika tidak ada tanda-tanda gigi yang tumbuh. Demikianlah sedikit pengetahuan, semoga bermanfaat dan berguna untuk anda.
ANAK ANAK SUSAH MAKAN?, KURUS? DAN KURANG LINCAH?
Berikan anak anda madu vitabumin. Karena dapat menambah berat badan dan meningkatkan nafsu makan anak. Serta dapat meningkatkan kecerdasan anak untuk lengkapnya cek disini. Untuk pemesanan madu vitabumin anak dapat menghubungi 0896-9104-8829 atau invite pin BBM : D2793F6F.

0 comments:

Post a Comment