Tumbuh Kembang Bayi Usia 8 Bulan

Posted by Antoni Clianto Sunday, October 23, 2016 0 comments
Blogger Jakarta - Pada fase ini, bayi anda akan seringkali membuatnya lebih aktif dibanding pada bulan sebelumnya. Si kecil akan sering memainkan tangannya ke sana kemari, dia semakin mahir memegang serta mengendalikan sekian banyak objek dan keterampilan dalam menggunakan jarinya juga semakin membaik. Si kecil mulai dapat menggunakan jarinya guna menekan-nekan unsur tertentu pada mainannya dan bakal terus menyelidiki sekian banyak benda atau ruang kecil dengan jari-jemarinya.

Tumbuh Kembang Bayi Usia 8 Bulan

Menunjuk dan Menjangkau Benda Sekitar

Sebagian bayi telah mulai menunjuk ke arah benda-benda. Mereka memakai jari-jari mereka guna berkomunikasi dengan kita dan menanyakan perihal benda-benda tersebut. Bayi anda akan menunjuk ke arah suatu benda sambil menyaksikan ke arah kita dan menerbitkan suara-suara anehnya. Pada ketika ini, sebetulnya dia sedang bertanya kepada anda, “Apa sih nama barang itu? Boleh nggak dipegang dan dimainkan?” Kalau Anda menyaksikan benda yang dipegang bayi kita terjatuh dan menjauh darinya, biasanya si kecil akan segera mengambil atau mengejarnya.

Benda-benda unik yang dapat mengalihkan perhatiannya dan sedang di luar jangkauannya, justru dapat menjadi “pancingan” yang baik untuk memicu si kecil bergerak atau belajar berjalan. Coba lihat reaksi bayi kita dan usahanya guna meraih benda tersebut. Apakah yang akan dilakukan oleh si kecil ? Apakah ia bakal langsung menyergap ke arahnya? Jika bayi kita mulai kesal sebab tidak dapat menjangkau benda tersebut, barulah usahakan anda menempatkan benda itu di lokasi yang bisa tercapai olehnya. Ketika dia sukses mengambilnya, berikan pujian, kemudian sebutkan nama benda itu dengan jelas berulang-ulang agar bayi bisa merekam dalam otaknya dan usahakan supaya dia menyimak gerakan mulut anda saat itu.

Merangkak dan berdiri

bayi anda barangkali mulai mengupayakan untuk berdiri sendiri, dengan teknik berpegangan ke meja atau kursi kemudian mengusung badannya. Kemampuan ini memerlukan kaki yang kuat utnuk menopang tubuh si kecil, namun bayi anda pun harus dapat menemukan teknik untuk membengkokkan lututnya. Dan ini tidak gampang lho guna si kecil! Seringkali, saat dia sudah sukses berdiri, dia akan bingung menemukan teknik untuk duduk kembali. Terkadang dia terjatuh dan akan terus mencobanya sampai bisa dan meraih benda yang diinginkan. Tapi ini bukan masalah besar ya ayah bunda, banyak sekali bayi akan menjatuhkan dirinya sampai terduduk kembali.

Perkembangan Emosional

Beberapa pertumbuhan emosional yang barangkali anda temui pada bayi anda. Dia mulai mengenal perbedaan antara wajah ceria dengan wajah sedih. SI kecil mulai mengenal perbedaan suara ramah dengan suara kesal. Dia lebih waspada dan hati-hati, sebab ingatannya sehubungan dengan tempat/kejadian semakin kuat. Dia mulai memahami sekian banyak hukum karena akibat lain-lain.

Percobaan yang mungkin bisa anda coba adalah hadapkan si kecil dengan cermin. Ia bakal mulai menghubungkan refleksi pada cermin dengan dirinya. Bayi anda pun mulai mengenali orang dan benda di sekitarnya melewati gambar-gambar dan menghubungkannya dengan yang asli.

Demikianlah sedikit tentang tumbuh kembang anak usia 8 bulan. Yang harus dipahami adalah, setiap anak unik dan berbeda maka dari itu tumbuh kembangnya juga pasti berbeda-beda. Jika anak anda tidak seperti yang ada di artikel ini, jangan khawatir karena setiap anak berbeda tumbuh kembangnya.
ANAK ANAK SUSAH MAKAN?, KURUS? DAN KURANG LINCAH?
Berikan anak anda madu vitabumin. Karena dapat menambah berat badan dan meningkatkan nafsu makan anak. Serta dapat meningkatkan kecerdasan anak untuk lengkapnya cek disini. Untuk pemesanan madu vitabumin anak dapat menghubungi 0896-9104-8829 atau invite pin BBM : D2793F6F.

0 comments:

Post a Comment