Tips Mengatasi Bau Mulut si Kecil

Posted by Antoni Clianto Wednesday, October 26, 2016 0 comments
Blogger Jakarta – Tahukah bunda, masalah bau mulut pada anak merupakan hal yang sering terjadi. Namun hal ini tidak menjadi gejala penyakit yang serius.

Tips Mengatasi Bau Mulut si Kecil

Beberapa hal yang paling sering jadi penyebab masalah bau mulut pada anak di antaranya adalah dehidrasi/kurang minum air, sering bernafas lewat mulut (biasanya saat sedang flu/pilek), cara menyikat gigi yang tidak tepat, meningkatnya aktivitas bakteri di mulut, sisa makanan yang tertinggal di gigi, dan masih banyak masalah lain yang menyebabkan bau mulut pada anak.

Tips Menghilangkan Bau Mulut Anak

Berikut tips cara mengatasi bau mulut pada anak:

Usahakan anak cukup minum sepanjang hari. Dengan kurangnya minum mengakibatkan berkurangnya produksi air liur, yang menyebabkan mulut kering. Dan berakibatnya mulut menjadi tempat berkembang bakteri penyebab bau mulut.

Ajarkan sikat gigi pada anak secara teratur. Ajarkan juga cara menyikat gigi yang baik dan benar. Anak-anak sebelum berumur 7 tahun biasanya masih membutuhkan bantuan Bunda untuk menyikat gigi. Kebersihan mulut Selain gigi, adalah lidah, ajarkan anak untuk membersihkan lidah dengan sikat gigi atau sendok plastic, periksa juga gusi anak apakah ada luka atau infeksi.

Setelah mengajarkan kebiasaan diatas, penanganan pertama bau mulut pada anak adalah sebgai berikut :

Penanganan pertama, yang harus bunda lakukan adalah berikan air rebusan sirih untuk dikumur,cara ini efektif untuk orang dewasa dan aman pada anak kecil. Namun terkadang anak-anak mula mencium banya saja sudah tidak suka apalagi memberikan air daun sirih untuk berkumur, yang bunda harus lakukan adalah mengajarkan pada anak bahwa anak bisa melakukan dan tidak enak pada daun sirih bukan apa-apa dibanding bau mulut yang tidak sedap yang dapat menganggu kepercayaan diri pada anak dan hubungan dengan teman-teman.

Persan jeruk nipis dicampur satu sendok madu juga dipercaya ampuh untuk meredakan bau mulut pada anak, selain kebiasaan yang harus bunda tanamkan pada anak. Perasan jeruk nipis dan satu sendok madu yang dilarutkan pada air putih diminum pada waktu siang hari mampu untuk meredakan bau mulut pada anak, selain praktis, rasanya yang enak tentunya bahan mudah didapat.

Semoga tips mengatasi bau mulut pada anak dapat memberikan masukan dan wawasan. Yang perlu diperhatikan adalah ketika bau mulut pada anak lebih dari satu minggu setelah diberikan perawatan. Segera konsultasikan dengan dokter gigi anak, bisa saja gusi atau gigi yang rusak pada anak penyebabnya.
ANAK ANAK SUSAH MAKAN?, KURUS? DAN KURANG LINCAH?
Berikan anak anda madu vitabumin. Karena dapat menambah berat badan dan meningkatkan nafsu makan anak. Serta dapat meningkatkan kecerdasan anak untuk lengkapnya cek disini. Untuk pemesanan madu vitabumin anak dapat menghubungi 0896-9104-8829 atau invite pin BBM : D2793F6F.

0 comments:

Post a Comment