Tips Mengatasi Waktu Tidur Bayi yang Tidak Teratur

Posted by Antoni Clianto Wednesday, May 25, 2016 0 comments
Blogger Jakarta - Bagi beberapa orang tua, menjaga dan melmperhatikan perkembangan si kecil adalah suatu pekerjaan yang menyenangkan. Hal penting adalah bagaimana si kecil tetap berada dalam keadaan dan suasana yang baik. Di samping kesehatannya, pola tidurnya juga perlu untuk diperhatikan oleh ayah bunda.
Tips Mengatasi Waktu Tidur Bayi yang Tidak Teratur

Pola istirahat bayi mempunyai waktu yang berbeda-beda, ada yang tidurnya siang hari namun malam harinya bangun dan menangis dan sebaliknya. Namun pada dasarnya pola istirahat bayi terbagi menjadi sejumlah waktu, yakni pagi, siang, senja dan malam. Kebanyakan orang tua merasa khawatir dan bingung dalam menghadapi situasi tersebut.

Waktu Tidur Bayi

Ada sedikit tips mengatasi waktu tidur bayi yang tidak teratur. Sebagai orang tua yang baik, ayah bunda harus bisa melihat situasi anak, usahakan kamu mengenal lebih jauh mengenai waktu tidur buah hati anda supaya dapat menyiasati masa-masa tidurnya. Berikut ini adalah cara mengatasi dan tips agar bayi anda tidur dengan nyenyak dan jam tidurnya tidak terganggu :

1. Mengatur Jam Menyusu

Ayah bunda, usahakan jangan  membangunkan bayi yang sedang tertidur pulas hanya untuk menyusui. Ingat, bayi bakal terbangun dari tidurnya saat ia lapar, berkeinginan buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB). Biarkan bayi saat bayi sedang tertidur pulas, jika lapar haus dan lapar maka si kecil akan bangun dengan sendirinya. Sikap disiplin orangtua dapat membuat bayi mendapatkan pola tidurnya.

2. Kenali Tanda Mengantuk

Mengantuk adalah pertanda tubuh bayi mulai lelah. Biasanya ditandai dengan menggosok-gosokkan mata, mengisap-isap jari, menguap atau justru menangis (rewel). Bila firasat ini muncul, segera tidurkan bayi. Kenali tandanya supaya bayi istirahat dengan nyenyak karena dapat membuat bayi anda jauh lebih baik.

3. Cahaya Ruangan

Pada malam hari, redupkan lampu kamar supaya bayi belajar memisahkan antara masa-masa siang dan malam. Kondisi tersebut akan menolong bayi untuk menyusun pola tidurnya. Dengan penyinaran yang redup, maka bayi akan gampang terlelap. Di samping itu, buatan hormon melatonin pun akan meningkat. Selain berfungsi untuk kekebalan tubuh, hormon ini pun membantu bayi anda untuk mudah tertidur.

4. Suhu Ruangan

Sebelum tidur, pastikan suhu udara sejuk agar dapat membuat bayi tidur nyenyak. Setel suhu dengan tepat di kamar, jangan sampai panas tapi tidak terlampau dingin. Bila Mama memakai pendingin ruangan, setel suhu tidak cukup lebih 26°C.

5. Mandi Dengan Air Hangat

Bersihkan badan bayi sebelum tidur. Bersihkan dengan air hangat supaya tubuh bayi tidak lengket. Setelah mandi, seringkali bayi akan gampang tertidur dengan pulas. Sebab, rasa hangat bakal memperlancar sirkulasi dan aliran darah. Dan akan terjadi pelemasan sendi, jaringan dan otot, sampai-sampai peredaran darah bisa bekerja secara baik. Bayi juga menjadi tenang dan nyaman.

6. Pakaian Bayi

Kenakan pakaian yang paling nyaman, seperti kaos kutang atau pakaian yang berbahan dasar katun yang gampang menyerap keringat. Pastikan ukurannya pas, tidak kelewat besar atau kecil. Hindari pakaian berbahan sintetis sebab tidak menyerap keringat. Pakaian berbahan sintetis akan membuat bayi anda tidak nyaman dalam tidurnya.

7. Pasang Kelambu

Bayi mana yang dapat istirahat nyenyak bila terdapat banyak sekali nyamuk yang mengganggu dan menggigiti kulit lembutnya. Usahakan ruangan yang dipakai untuk istirahat terbebas dari nyamuk. Atau, manfaatkan kelambu khusus untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk.

Tips terakhir mengatasi bayi yang susah tidur adalah buatkan kebiasaan untuk si kecil. Misalnya didengarkan sholawat, diusap-usap kepalannya, atau dipukul pelan dan perlahan di bagian kakinya. Demikianlah sedikit tips mengatasi waktu tidur bayi yang tidak teratur. Semoga bermanfaat ayah bunda :D
ANAK ANAK SUSAH MAKAN?, KURUS? DAN KURANG LINCAH?
Berikan anak anda madu vitabumin. Karena dapat menambah berat badan dan meningkatkan nafsu makan anak. Serta dapat meningkatkan kecerdasan anak untuk lengkapnya cek disini. Untuk pemesanan madu vitabumin anak dapat menghubungi 0896-9104-8829 atau invite pin BBM : D2793F6F.

0 comments:

Post a Comment