Tumbuh Kembang Bayi Usia 5 Bulan

Posted by Antoni Clianto Monday, May 30, 2016 0 comments
Blogger Jakarta - Apakah bayi anda saat ini berusia 5 bulan? Sudah saatnya mengetahui apa saja pertumbuhan anak normal seusianya. Biasanya pada fase ini seringkali bayi bereksperimen membuat sekian banyak suara dengan memakai lidah dan bibir mungilnya.
Tumbuh Kembang Bayi Usia 5 Bulan
Dia sedang mempelajari suara-suara apa saja yang dapat dibuatnya dan ini sebetulnya merupakan mula dari keterampilan berbahasa. Jangan jenuh ya bila si kecil selau mengulang-ngulang suara atau bunyi yang sama pada saat berinteraksi dengan anda.

Untuk mayoritas bayi, pada masa ini biasanya tertawa sih bayi akan terdengar suaranya. Cobalah ajak si kecil berinteraksi, misalnya anda meniru yang dilakukan bayi anda. Dengan begini dia akan energik untuk terus berjuang berkomunikasi dengan Anda. Dan jangan kaget bila ternyata si kecil dapat mengeluarkan suara atau bunyi yang bertolak belakang untuk memberitahu kita bahwa dia lapar, lelah, atau sekedar hendak bermain.

Untuk pertumbuhan fisiknya, bayi sudah mulai bisa tengkurap dan ada juga yang sudah merangkang. Untuk yang pertumbuhan yang cepat tidak jarang ada yang sudah bisa duduk, namun tidak terlalu tegak dan masih terlihat sempoyongan. Punggungnya pun bakal terlihat melengkung. Untuk mengatasinya, anda dapat menyandarkannya ke bantal, atau ke tubuh Anda. Jika kita membiasakannya dalam posisi duduk, si kecil akan semakin meningkat kekuatan dan kestabilannya.

Pada fase ini, kita juga dapat mengenalkan gelas bermoncong (sippy cup) untuk bayi Anda. Pilihkan gelas yang mempunyai 2 pegangan, hal ini untuk memudahkannya dalam meminum air. Pada awalnya, akan banyak air yang tumpah daripada yang masuk ke mulutnya, namun tidak mengapa ayah bunda ini adalah suatu proses. Dia akan senang menghempaskan dan memukul-mukulkan gelasnya ke lantai atau meja, sebab menyukai bunyi yang ditimbulkannya.

Apakah Bayi 5 Bulan Siap Diberi MPASI?

Anjuran untuk memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) kepada si kecil ialah setelah bayi anda lebih dari 6 bulan. Bahkan menurut keterangan dari DSA, sebetulnya gizi bayi bakal tercukupi dengan ASI sampai ia berusia 9 bulan.

Namun memang beberapa bayi pada umur 5-6 bulan ada telah mulai “penasaran” menyaksikan apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebetulnya bayi kita siap untuk menerima MPASI? Berikut ini adalah tandanya yang bisa anda lihat pada si kecil :

  1. Sudah mulai tertarik menyaksikan makanan. Jika dia telah mulai menyimak makanan yang terdapat di piring Anda, bahkan mengupayakan untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, berarti dia telah mulai tertarik dengan makanan.
  2. Bayi kita sudah dapat menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, usahakan kita menunda menyerahkan MPASI kepadanya.
  3. Jika bayi kita sudah dapat memasukkan makanan dengan lidahnya kebelakang mulutnya.
  4. Bibir bawah bayi anda harus dapat “mengambil” makanan yang terdapat di sendok
  5. Usus bayi anda harus dapat mencerna makanan yang masuk dengan baik
Namun yang harus anda perhatikan adalah jika saat anda menyuapkan makanan untuk si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan itu keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, hindari dahulu MPASInya sampai bayi anda siap untuk menerima makanan padat.

Makanan pertama MPASI, apa yang usahakan kita berikan kesatu kali? Anda dapat mencoba: Sereal yang dibaur dengan ASI atau susu formula, pisang, kentang, apel, wortel. Perhatikan reaksinya sesudah pemberian MPASI. Jika tidak terdapat gangguan pencernaan atau firasat alergi, maka menunya dapat anda teruskan dengan makanan lain yang lebih bervariasi agar anak anda terbiasa.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Tumbuh Kembang Bayi Usia 5 Bulan, semoga bermanfaat ya ayah bunda.
ANAK ANAK SUSAH MAKAN?, KURUS? DAN KURANG LINCAH?
Berikan anak anda madu vitabumin. Karena dapat menambah berat badan dan meningkatkan nafsu makan anak. Serta dapat meningkatkan kecerdasan anak untuk lengkapnya cek disini. Untuk pemesanan madu vitabumin anak dapat menghubungi 0896-9104-8829 atau invite pin BBM : D2793F6F.

0 comments:

Post a Comment