Tumbuh Kembang Bayi Usia 0 Sampai 4 Bulan

Posted by Antoni Clianto Saturday, May 28, 2016 0 comments
Blogger Jakarta - Tumbuh kembang bayi usia 0 sampai 4 bulan adalah fase-fase awal dari perkembangan si kecil. Untuk memastikan apakah bayi ayah bunda dalam suasana sehat, anda harus mempersembahan yang terbaik untuk si kecil.

Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-4 Bulan

Berikut ini adalah rincian dari awal bayi anda lahir hingga usia 4 bulan.

Bayi Usia 1 Bulan

Jangan panik bila bagian punggung atau pantat si kecil terdapat kulit yang biru seperti luka lebam, atau keabu-abuan. Bercak ini seringkali hilang sesudah usianya melalui 1 tahun. Biasanya bercak biru seperti ini dinamakan tanda lahir bayi.

Jangan panik jika kepala bayi ayah bunda tidak cukup simetris, sebab ia baru saja melalui jalan yang sempit, yakni pinggul sang ibu. Matanya akan terlihat membengkak, hidungnya masih paling pesek dan kupingnya tampak agak aneh. Dia bakal terus “memperbaiki” penampilannya seiring pertumbuhannya. Bahkan pada beberapa bayi, Anda dapat melihat bagian empuk di pada atas kepalanya berdenyut. Ini masih tergolong normal.

Pada minggu-minggu pertama , mata si kecil seringkali akan terus menutup. Setelah melalui fase ini matanya akan dapat terus tersingkap untuk masa-masa yang lebih lama. Ia akan dapat melihat wajah kita pada jarak selama 20 cm.

Pada fase ini bayi dapat menggerakkan dan memutar kepalanya untuk menjangkau susu ibunya, dapat meregangkan tangannya, serta mengenggam jari kita dengan kepalan tangannya.

Bayi Usia 2 Bulan

Pada bulan kedua, gerakan tubuhnya bakal semakin membaik. Ia dapat menggapai benda-benda yang unik perhatiannya, dapat memegang benda kecil dengan gengamannya walapaun hanya dalam waktu yang sebentar, bahkan ia sudah dapat menepuk-nepuk benda yang disenanginya.

Cobalah tersenyum kepadanya, dan ayah bunda tidak boleh kaget bila ia tersenyum balik. Coba pula membuat sekian banyak bunyi di dekatnya tanpa membuatnya terkejut. Sebagian bayi akan memperhatikan bunyi itu dengan seksama, sedangkan sebagian lainnya mungkin justeru akan menangis.

Pada akhir fase ini, beberapa bayi telah mulai dapat mengerakkan kepalanya dan mencoba menyaksikan ke sekeliling ruangan. Jika bayi kita senang, maka ia bakal membuat sekian banyak respon, seperti memandang wajah Anda, mengupayakan meraih kita dengan tangannya, tersenyum dan mengoceh.

Sebaliknya, andai ia sedang kesal, maka respon yang dibuatnya antara beda memalingkan wajahnya dari Anda, menangis, meronta, serta bernafas dengan cepat.

Si kecil pun sudah mulai suka bereksplorasi memakai mulutnya dengan menghisap apa saja yang dapat dan nyaman untuk dihisap. Ia mulai tidak sedikit bereksperimen dengan suaranya, serta jarak pandangnya pun meningkat hingga beberapa meter ke depan.

Bayi Usia 3 Bulan

Pada bulan ketiga, si kecil semakin hebat dalam memainkan kepalanya. Cobalah untuk tengkurapkan si kecil, maka si kecil akan memainkan kepalanya untuk mengangatnya. Ia juga semakin mahir memakai tangannya. Ia bakal senang menyentuh, memegang, serta memukul-mukul dengan kedua tangannya.

Si kecil akan paling suka menyaksikan bayangannya sendiri di cermin. Pada fase ini, bayi bakal mulai mengenali wajah orang dekatnya dan sekian banyak benda yang akrab dengannya.

Bayi Usia 4 Bulan

pada bulan keempat, bayi ayah bunda akan mengamati  banyak ekspresi wajah kita dan menirunya. Sebagian bayi terdapat yang sudah dapat berguling ke posisi tengkurap sendiri pada fase ini. Namun ada sebagian yang belum bisa untuk sekedar tengkurap, jangan panik mungkin pada bulan berikutnya anak anda bisa tengkurap. Karena sebagian bayi ada yang sudah mulai tumbuh giginya dan biasanya akan lama dalam berjalan.

Demikianlah garis besar pertumbuhan bayi Anda semenjak usia 0-4 bulan. Yang harus ayah bunda ingat ialah bahwa masing-masing bayi mempunyai tahapan pertumbuhan yang unik. Jika bayi kita agak lamban perkembangannya, tidak boleh langsung panik ya. Karena setiap anak berbeda tumbuh kembangnya, tidak bisa disamakan satu dengan lainnya.
ANAK ANAK SUSAH MAKAN?, KURUS? DAN KURANG LINCAH?
Berikan anak anda madu vitabumin. Karena dapat menambah berat badan dan meningkatkan nafsu makan anak. Serta dapat meningkatkan kecerdasan anak untuk lengkapnya cek disini. Untuk pemesanan madu vitabumin anak dapat menghubungi 0896-9104-8829 atau invite pin BBM : D2793F6F.

0 comments:

Post a Comment