Pentingnya Mengenali Anak yang Kekurangan Vitamin [Gizi Buruk]

Posted by ACL Toni Tuesday, March 8, 2016 0 comments
Blogger Jakarta - Pentingnya anda mengenali anak-anak yang kekurangan vitamin atau mengalami gizi buruk. Anda sebagai orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Sebisa mungkin anda akan berjuang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Pentingnya Mengenali Anak yang Kekurangan Vitamin [Gizi Buruk]

Ciri Ciri Anak Kekurangan Gizi

Berikut ini adalah sekian banyak macam tanda jika anak anda kekuragan gizi menurut jenis vitamin dan mineral supaya kita bisa mengatasinya sedini mungkin :

1. Kurang zat besi

Anak yang kekekurangan zat besi biasanya tampak pucat, lemah, tidak jarang anak-anak tersebut susah untuk bernafas. Maka dari itu, anak sering sekali rewel dan tidak tahan terhadap suhu dingin. Anak yang kelemahan zat besi pun mengalami hambatan dalam perkembangan dan keterampilan belajarnya.

2. Kurang Vitamin D

Vitamin D sangat dibutuhkan untuk anak yang masih dalam masa pembentukan tulang, sehingga kelemahan vitamin D bakal mempengaruhi kekuatan tulangnya. Tulang anak yang kelemahan vitamin D merasakan deformasi, dapat berbentuk X atau O dan betisnya terlihat melengkung, atau menderita rakhitis.

3. Kurang Kalsium

Tanda tidak cukup gizi juga dapat terdeteksi semenjak masih bayi. Jika bayi Anda susah tidur, rewel, anggota badan terlihat berkedut, merasakan kejang dan detak jantungnya terasa lemah ada bisa jadianak tersebut kekurangan kalsium.

4. Kurang Vitamin C

Pada orang dewasa kekurangan vitamin C biasanya menimbulkan sariawan. Sedangkan pada anak fenomena kurang vitamin C dapat diketahui jika anak tersebut dengan luka yang tidak kunjung sembuh, rambut terlihat kusut dan gampang lelah. Depresi juga merupakan salah satu fenomena kurang vitamin C, contohnya anak yang tidak jarang kali murung, kehilangan motivasi atau bayi yang tidak jarang rewel.

5. Kurang Vitamin B1,B6, B2, B3, B12

Bila anak atau bayi tidak jarang menangis dengan suara tinggi dan disertai dengan muntah-muntah, ada bisa jadi ini ialah gejala beriberi, penyakit yang timbul dampak kurang vitamin B1.Lidah bengkak, sakit tenggorokan, bibir yang terlihat pecah-pecah dan kulit mengelupas di sudut bibir dapat jadi tanda anak kelemahan vitamin B2,B3 dan B12.

Jika anak telah bersekolah dan ia mengeluh susah berkonsentrasi barangkali ia tidak cukup vitamin B12.Waspadalah andai tanda-tanda di atas dibuntuti dengan diare, karena tersebut pertanda anak kelemahan vitamin B3. Jika anak tidak cukup mendapat seluruh jenis vitamin B dapat jadi ia tidak jarang tampak murung, atau rewel tanpa sebab andai masih bayi, sebab salah satu tanda kelemahan semua jenis vitamin B lainnya ialah depresi.

6. Kurang Asam Folat (vitamin B9)

Ibu hamil yang tidak cukup mendapat asupan asam folat paling mungkin mencetuskan bayi yang merasakan anencephaly (perkembangan tengkorak kepala tidak maksimal).Gejala lainnya ialah bayi merasakan hidrocepalus. Sedangkan tanda anak tidak cukup gizi jenis asam folat ialah sariawan, lidah bengkak, kulit pucat dan diare.

7. Kurang Vitamin A

Gangguan penglihatan ialah tanda anak tidak cukup gizi, khususnya vitamin A. Keluhan yang sangat umum ialah menurunnya pengihatan di malam hari dan terjadinya radang selaput mata.

8. Kurang Vitamin K

Berdasarkan keterangan dari situs kidshealth, bayi baru lahir mempunyai resiko kekurangan vitamin K. Ini sebab jumlah bakteri dalam usus bayi baru bermunculan yang diperlukan untuk memproduksi vitamin K masih paling sedikit.Beberapa tanda tidak cukup vitamin K diantaranya terjadi pendarahan walau tanpa luka (mimisan), timbul memar di dekat wajah dan kepala, rewel, muntah, kulit terlihat pucat dan bayi menjadi kuning.

Demikianlah tentang bagaimana kita sebagai orang tua untuk mengetahui atau mengenali anak yang kekurangan vitamin. Semoga bermanfaat untuk anda khususnya untuk para orang tua agar bisa mendeteksi sejak dini balita yang kekurangan vitamin atau gizi.
ANAK ANAK SUSAH MAKAN?, KURUS? DAN KURANG LINCAH?
Berikan anak anda madu vitabumin. Karena dapat menambah berat badan dan meningkatkan nafsu makan anak. Serta dapat meningkatkan kecerdasan anak untuk lengkapnya cek disini. Untuk pemesanan madu vitabumin anak dapat menghubungi 0896-9104-8829 atau invite pin BBM : D2793F6F.

0 comments:

Post a Comment